Kecemasan Saat Otak Anda Terlalu Dipaksakan 

Cara Menenangkan Kecemasan Saat Otak Anda Terlalu Dipaksakan ?

cek

Kita semua mengalami kecemasan dan stres, dan itu hal yang baik. Jika tidak, kita tidak akan menjadi manusia dan tidak akan mampu melindungi diri kita dan orang yang kita cintai dari bahaya.

Misalnya, bayangkan saat mengemudi Anda melihat mobil lain melaju kencang, terlihat seperti akan menjalankan lampu lalu lintas. Jika Anda merasa cemas dan mengalami reaksi “terbang atau terbang” dari apa yang bisa terjadi, Anda akan bereaksi cepat dengan menginjak rem dan mungkin menghindari kecelakaan!

Meskipun contoh di atas menunjukkan bahwa kecemasan dapat menjadi teman di saat-saat bahaya, seringkali kecemasan adalah maladaptif ketika berlangsung terlalu lama setelah ancaman bahaya berakhir. Beberapa orang tidak dapat kembali ke garis dasar yang lebih tenang karena kecemasan tetap tinggi – meskipun tidak ada lagi ancaman obyektif.

Kecemasan pada gir dapat membuat kita benar-benar merasa sakit, dapat menyebabkan kita hiperventilasi, jantung kita berlomba, sementara mengganggu konsentrasi dan tidur kita dan bahkan dapat menyebabkan serangan panik.

Seringkali hasil kecemasan bukan karena ancaman yang sebenarnya, tetapi ketakutan kita yang berlebihan tentang apa yang mungkin terjadi. Ketika kita terlalu cemas, bahaya mengintai di dalam pikiran kita dan bukan dari luar. Akan sangat mengerikan jika aku menyombongkan diri.” “Jika saya kehilangan pekerjaan ini, saya mungkin tidak akan mendapatkan pekerjaan lain.” “Jika dia meninggalkan saya, saya tidak bisa menanganinya.” “Jika saya mengatakan sesuatu yang bodoh dalam pertemuan itu, orang-orang akan Saya pikir saya bodoh. “” Akan sangat buruk jika saya membuat kesalahan. “” Saya gugup bahwa dia akan marah kepada saya. “” Saya tidak bisa mengacaukan ini. ”

Ketakutan biasanya lebih spesifik dan realistis, sementara kecemasan menghasilkan lebih banyak dari pemikiran kita yang berlebihan. Pikiran berlebihan tentang kemungkinan penolakan, penghinaan dan kegagalan menyebabkan rendahnya harga diri dan stres yang ekstrem.

Terlibat dalam “bagaimana jika” merampok kita dari rasa pemberdayaan diri dan membuat kita merasa pada belas kasihan orang dan situasi. Tidak heran mengapa kecemasan pada overdrive menyebabkan perkembangan gangguan kecemasan, seperti gangguan kecemasan umum, gangguan panik, dan gangguan kecemasan sosial.

Bagaimana dengan kamu? Apakah Anda menemukan self-talk Anda meningkatkan kecemasan Anda lebih dari itu menenangkan Anda? Apakah Anda khawatir tentang hal-hal yang tidak benar-benar ada dalam kendali Anda, tidak peduli seberapa banyak Anda mencoba?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menenangkan diri ketika Anda menemukan kecemasan Anda berada di gir.

cemasGunakan napas yang menenangkan dalam

Pernapasan dalam adalah salah satu langkah paling cepat yang dapat Anda ambil untuk menenangkan kecemasan.

Ketika kita gelisah, kita cenderung tegang, mengarah ke pernapasan yang cepat dan dangkal. Menggunakan napas yang menenangkan dalam dapat membantu kita segera menenangkan respons fisiologis kita terhadap pikiran-pikiran kita yang membalap. Pernapasan dalam melibatkan pernapasan diafragma.

Bernapas perlahan-lahan meskipun hidung Anda dan lepaskan napas Anda perlahan melalui mulut Anda. Sadarlah perut Anda saat mengambil napas dalam daripada mengambil napas dada yang dangkal.

Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda bernapas dalam-dalam? Letakkan satu tangan di perut Anda dan satu tangan di dada Anda – ketika Anda menarik napas, tangan di perut Anda harus bergerak naik dan turun sementara tangan di dada tetap relatif diam.

Untuk membantu berkonsentrasi pada pernapasan Anda, bayangkan warna saat Anda menarik nafas masuk dan keluar. Hitung perlahan maju atau mundur hingga hitungan 10 saat Anda menarik napas dan saat Anda melepaskan napas. Gunakan mantra yang Anda ulangi untuk setiap napas, seperti kata RELAX atau CALM.

Tagged: , , , ,